Kemenekraf Gandeng RMIT University Kembangkan Industri Gim Digital Indonesia

oleh -850 Dilihat
oleh
Teuku Riefky Harsya Dan Rmit Univ
Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya (kanan) saat menerima audiensi delegasi RMIT University di Gedung Autograph Tower, Jakarta, Selasa (17/6/2025). Pertemuan membahas kolaborasi strategis pengembangan industri gim digital Indonesia.
banner 728x90

Deputi Bidang Kreativitas Digital dan Teknologi, Muhammad Neil El Himam, menyebut program ASTA EKRAF mampu menyesuaikan tantangan bidang gim dan ekonomi digital.

Ia menjelaskan fokus pada Pasar Ekraf yang memfasilitasi dan mempromosikan gim nasional.

“Dari sebuah gim, bisa membentuk IP dan ditarik ke subsektor ekraf lain seperti menjadi film dan karya-karya kreatif yang lebih inovatif,” ungkap Neil.

banner 336x280

RMIT University, yang menempati peringkat ke-140 dunia menurut QS World University Rankings 2024, dikenal dengan keunggulan di bidang teknologi, desain, dan kewirausahaan.

Universitas ini telah menjalin kerja sama dengan Infinite Learning untuk program Introduction to Game Design (2D) di Nongsa Digital Park melalui skema Kampus Merdeka.

Deputy Vice Chancellor RMIT University, Mish Eastman, menyatakan siap berkolaborasi dengan Kementerian Ekraf.

“Kami menawarkan program pelatihan dari sisi teknis, kreativitas, dan bisnis untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis Learning Management System (LMS),” katanya.

banner 336x280

Eastman menambahkan, kolaborasi ini bertujuan mempersiapkan tenaga kerja terampil industri kreatif dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. RMIT siap memberdayakan generasi perancang gim atau game designer berikutnya.

banner 728x90