Game Digital Indonesia Raih Peringkat 16 Dunia, Menteri Ekraf Dorong Inovasi Kampus

oleh -778 Dilihat
oleh
Menteri Ekraf Teuku Riefky Harsya Di Unair
Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya saat memberikan kuliah umum di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya, Senin (4/8/2025).
banner 728x90

SURABAYA – Industri game digital Indonesia berhasil menempati peringkat ke-16 dunia dengan pendapatan mencapai 1,4 miliar dolar AS per tahun. Prestasi ini dikuatkan oleh posisi Indonesia sebagai pasar game terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 150 juta pemain aktif.

Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya menyebut sektor ini tumbuh 8-10 persen setiap tahun berdasarkan data Statista dan Yuzu.

banner 336x280

“Transformasi digital telah mempercepat pertumbuhan sektor ekonomi kreatif,” katanya dalam kuliah umum di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Senin (4/8/2025).

Menteri Riefky menekankan peran strategis perguruan tinggi dalam mengembangkan ekonomi kreatif berbasis inovasi dan budaya. Dia menyoroti pentingnya sinergi akademik dengan ekosistem kreatif menuju target Indonesia Emas 2045.

banner 336x280

“Kampus adalah tempat lahirnya ide segar, eksperimen sosial, dan solusi teknologi,” ujar Riefky.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan ekonomi kreatif tidak bisa dilepaskan dari kebijakan berbasis data dan riset.

banner 728x90